Jumat, 19 Oktober 2018

Reportase 4

FILSAFAT PENDIDIKAN
Mata kuliah Filsafat Pendidikan yang diampu oleh Bapak Mohammad Aniq KHB,S.Pd., M.Hum pada pertemuan ke-4 yang dilaksanakan pada hari selasa, tanggal 16 Oktober 2018 di gedung utama 416 UPGRIS. Pembahasan materi pada pertemuan ke-3 yakni tentang 3 klarifikasi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara.
Tiga istilah yang dianggap mewakili klarifikasi Ki Hajar Dewantara yaitu :
1. Ruang
Ruang yang dimaksudkan disini adalah bukan suatu tempat kosong yang dapat dihuni banyak orang,akan tetapi menempatkan diri kita sendiri. Sebenarnya, dalam diri kita sendiri terdapat suatu ruangan yang luas.
Contohnya : Imajinasi. Dimana imajinasi tersebut mampu membawa diri atau raga ke tempat dimensi yang dapat berpetualang,mengeksplor  bahkan hal – hal yang membawa ke arah yang luas.
2. Roh
Didalam roh ada akal. Dimana akal merupakan generator yang menggerakkan kemudian menggiring kearah realitas yakni asma. Asma disini dijelaskan bahwa bukan hanya sekedar nama namun memiliki makna yang realitas dalam diri seseorang.
3. Jasad


Pendidikan yang dibawa oleh Ki Hajar Dewantara menciptakan suatu kesadaran. Kesadaran yang dimaksud adalah mengilhami untuk memahami ruang, roh dan jasad.
Manusia adalah titah Tuhan. Titah sendiri artinya jejak atau suatu landasan. Manusia diciptakan oleh Allah untuk merangkul semuanya ermasuk alam karena manusia diberi akal untuk dapat menciptakan kerukunan dan mengelola alam.
Titah Tuhan terdiri dari :
1. Jasad/raga halus
2. Jasad/raga kasar
Kedua hal ini melahirkan pendidikan lahir dan batin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar