Senin, 30 Oktober 2017

Seni Musik 
Deskripsi Media Pembelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah 
Dosen Pengampu : Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd  






Kelas 4C Disusun Oleh : 
 Irma Ristantina Luthviyani 15120110 




 Pendidikan Guru Sekolah Dasar 
Fakultas Ilmu Pendidikan 
Universitas PGRI Semarang 
2017








Deskripsi Tentang Media Pembelajaran
Media pembelajaran dalam bentuk musik yang saya buat bersama kelompok 6 dari kelas 5C PGSD adalah tentang transportasi. Media disini di sesuaikan dengan materinya yaitu Transportasi. Kami lebih menerapkannya dalam kelas 4 semester 2 yaitu mata pelajaran IPS dengan SK : 2. Mengenal SDA, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan Kabupaten, Kota / Provinsi dan KD 2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya.
Media disini, mengajak siswa untuk mengenal transportasi dan profesi. Seperti kereta yang mengemudikan adalah masinis, pesawat yang mengemudikan pilot dan lain sebagainya. Dalam media yang kami buat lebih mengutamakan dalam bentuk pengenalan.
Kami membuat media dalam bentuk musik, dengan lagu dari Maluku “ Ayo Mama “ kemudian kami mengaransemen menjadi “ Alat Transportasi “. Lagu ini nampak bersemangat sehingga menimbulkan motivasi belajar siswa dalam pengenalan alat transportasi dan profesinya.
Berikut lampiran RPP tentang media pembelajaran yang Saya buat guna memenuhi tugas mata kuliah Seni Musik.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SD Negeri Siliwangi 02 Semarang
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester          : IV/II
Topik                          : Transportasi
Alokasi Waktu           : 1 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
2. Mengenal SDA, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan Kabupaten,
    Kota / Provinsi.
B.     Kompetensi Dasar
2.3              Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta
pengalaman menggunakannya.
C.     Indikator
2.3.1        Mengenal nama alat transportasi modern
2.3.2        Mengetahui jenis profesi yang berkaitan dengan alat transportasi modern
D.    Tujuan
1.      Melalui penjelasan dari guru, peserta didik mampu mengenal nama alat transportasi modern dengan benar.
2.      Melalui bernyanyi, peserta didik mampu mengetahui profesi yang berkaitan dengan alat transportasi modern secara baik.
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)
E.     Materi
Alat transportasi dan profesinya
F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
·       Kegiatan awal
F Mengajak semua peserta didik berdoa sesuai dengan agama yang dianutnya.
F Dilanjutkan dengan menanyakan kabar, dan melakukan presensi.
F Melakukan apersepsi dengan mengajak peserta didik bernyanyi lagu ayo mama yang berasal dari Maluku kemudian di ganti liriknya dengan judul transportasi.
F Memberikan motivasi
F Menjelaskan tujuan pembelajaran.
·       Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Guru menjelaskan secara singkat mengenai materi transportasi dan profesinya
F Guru mengaitkan lagu tersebut dengan materi
F Guru memberikan pertanyaan kepada siswa, apakah sudah paham dengan mater yang disampaikan.
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Guru memulai pelajaran, dengan permainan siap, bidik, tembak dor. Siswa dibagi kelompok-kelompok dapal satu kelompok terdiri dari empat orang. Berbaris berbanjar kebelakang. Setiap kelompok diberikan satu nama alat transportasi misal kereta. Permainan dimulai guru menjuk kelompok kereta nanti empat orang tersebut berbicara bergantian siap, bidik, tembak, dor Mobil maka yang kelompok Mobil berbicara bergantian juga siap, bidik, tembak, dor Kapal dan seterusnya sehingga siswa hafal nama-nama transportasi tersebut.
F Guru memberikan Lembar Diskusi  kepada siswa secara berkelompok
F Siswa dibagi menjadi 5 kelompok. Tiap – tiap kelompok membahas tentang alat transportasi dan profesinya maupun siapa yang mengendarainya.
F Setelah melakukan diskusi siswa bersama kelompoknya maju kedepan kelas  mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian. Kelompok yang tidak sedang presentasi menulis hasil diskusi dari kelompok yang melakukan presntasi di depan.
F Sembari menulis kelompok lain menanggapi.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
F Peserta didik diminta memberikan komentar atau tanggapan mengenai hasil diskusi dari kelompok lain.
F Guru penguatan kepada semua kelompok dan memberikan reward kepada kelmpok yang terbaik.
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
·         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup :
F Guru bersama-sama dengan peserta didik membuat kesimpulan  mengenai materi yang telah dipelajari bersama-sama.
F Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
F Guru memberikan evaluasi terhadap peserta didik.
F Guru memberikan tindak lanjut berupa penugasan terhadap peserta didik yang bersifat individu.
F Guru mengajak kembali siswa untuk bernyanyi kembali pada saat awal pembelajaran yaitu transportasi.
F Guru menyampaikan materi untuk pertemuan yang akan datang yaitu kegiatan ekonomi.
F Guru dan peserta didik mengakhiri pembelajaran dengan berdoa bersama.
F Guru mengucapkan salam dan terima kasih telah mengikuti pembelajaran dengan baik.
G.    Media dan Alat Pembelajarannya
-      Alat musik
-      Gambar transportasi dan profesinya
H.    Kegiatan Pembelajaran
Pendekatan           : Pendekatan Inkuiri
Strategi                  : Cooperatif Learning
Model                    : STAD
Metode                  : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi dan Penugasan.
I.       Penilaian
A. Penilaian Pengetahuan
Tes Tertulis (Terlampir)
B. Penilaian Sikap
Kriteria Penilaian
No
Kriteria
1.
Berani mengemukakan pendapat
2.
Berani menjawab pertanyaan dari teman dan guru
3.
Menghargai pendapat teman
4.
Aktif dalam kegiatan pembelajaran
5.
Menyelesaikan tugas dengan tepat waktu

Panduan Pemberian Nilai
Kriteria Pemberian Nilai
Skor
Tidak berani mengemukakan pendapat sekali
1
Berani mengemukakan pendapat sekali
2
Berani mengemukakan pendapat dua kali
3
Berani mengemukakan pendapat lebih dari dua kali
4

Tidak berani menjawab pertanyaan dari teman dan guru
1
Berani menjawab pertanyaan dari teman dan guru
2
Berani menjawab pertanyaan dari teman dan guru ( dua kali)
3
Berani menjawab pertanyaan dari teman dan guru (dengan benar dan lebih dari dua kali)
4

Tidak menghargai pendapat orang lain
1
Kurang menghargai pendapat orang lain
2
Mendengarkan pendapat orang lain
3
Menerima dan menghargai pendapat orang lain
4

Tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran
1
Kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran
2
Cukup aktif dalam kegiatan pembelajaran
3
Sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran
4

Tidak mengerjakan tugas
1
Mengerjakan tugas akan tetapi kurang lengkap
2
Mengerjakan tugas akan tetapi tidak tepat waktu
3
Menyelesaikan tugas dengan tepat waktu
4

Tabel Penilaian Afektif
No
Nama
Skor
1


2


3


Skor Penilaian  = Skor x 25
Skor Maksimal = 4 x 25
  = 100

C.    Penilaian Ketrampilan
Rubrik Penilaian
Skor
Ketelitian
Kerapian
Ketepatan Waktu
4
Sangat Teliti
Sangat Rapi
Sebelum Waktu yang Ditentukan
3
Teliti
Rapi
Tepat Waktu
2
Cukup Teliti
Cukup Rapi
Setelah Perpanjangan
Waktu
1
Tidak Teliti
Tidak Rapi
Tidak Selesai Mengerjakan

Skor Penilaian       = Skor x 25
Skor Maksimal      = 4 x 25
= 100




Mengetahui,                                                             Semarang, 30 Oktober  2017
Dosen Pembimbing                                                 Mahasiswa


Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd.                        Irma Ristantina Luthviyani
NPP. 158901470                                      NPM. 15120110                                                                   







Untuk lebih mengetahuinya bisa subscribe and share serta jangan lupa menyantumkan sumbernya di alamat youtube Saya bersama kelompok :

Dari kelas 5C kelompok 6

1.      Lilik Fatchurrahman                      15120108
2.      Irma Ristantina Luthviyani           15120110
3.      Silvia Marantika                            15120126
4.      Dina Sugestining Pratiwi              15120128
5.      Rindiana Putri Riani                     15120135




Link media pembelajaran :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar